Kamis, 31 Juli 2014

Traveling vs. Holiday

Barcelona, El Prat Airport. July 30th 2014. 05.53 a.m.

Okay.. okay.. akhirnya saya menyerah juga dengan kemalasan diri sendiri. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir saya banyak sekali melakukan perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun semua hanya terdokumentasi di kamera dan di memori ingatan saya. Setiap teman-teman saya bilang “Ditunggu ya ceritanya!” “Jangan lupa ditulis di blog! Pasti seru banget!”, saya hanya tersenyum dan bilang “Iya nanti kalo sempet.” Iya, saya males banget nulis. Kecuali nulis di Path ato whatsapp. Hehe

Saya mengkategorikan perjalanan ke dalam dua tipe. Well, 3 sebenarnya. Holiday, Traveling dan Business Trip. Cuma karena saya belum bekerja dan belum pernah ngerasain Business Trip, jadi di skip aja.

Ketika saya melakukan perjalanan, hampir semua teman-teman bilang “ih asik ya! Liburan terus!!” Guys? Liburan? Are you sure?

I do traveling, not holiday.

Menurut definisi sotoy saya, Holiday atau liburan itu dimana kita ga usah mikirin banyak tentang perjalanan kita, stay for longer time in one place and just enjoy it! Tujuannya ya memang untuk refreshing. Semua keperluan kita udah ada yg ngurus, ga pusing mikirin pengeluaran untuk makan, penginapan, transportasi dll. Ibarat tinggal bawa badan, tas ada yg bawain, di tempat tujuan tinggal ngikut itinerary yg udah disiapin, belanja cantik, beli oleh-oleh. Kelar. Pulang liburan hati senang, ga capek, feeling so refresh!

Traveling justru kebalikannya. Kita harus membuat plan sendiri. Dari mulai rute perjalanan, tiket, akomodasi, transportasi di lokasi tujuan, itinerary, perhitungan pengeluaran di lokasi tujuan dll dll. Tujuan traveling adalah mencari sesuatu yang baru. Berpetualang. Pulang traveling lebih capek? Pasti! Tapi hati puas karena banyak pengalaman baru yang didapat. Traveling itu emang tujuannya buat kepuasan batin, khususnya bagi orang-orang sejenis saya, yang terobsesi sama dunia. Pengen liat dan ngerasain tempat-tempat baru. Ga masalah capek dan sengsaranya seperti apa. Iya sengsara. Bawa barang bawaan sambil jalan kaki, naik turun tangga, naik angkutan umum, tidur di bus atau airport, perhitungan setengah mati meski buat makan, tapi ya itu tadi. Puas. Sebenarnya kesengsaraan bisa diminimalisir kalau travelingnya bukan yang low budget. Cuma karena saya masih jadi mahasiswa yang belum berpenghasilan, cuma ngandelin tabungan dan keikhlasan orang tua, saya mesti pinter ngatur pengeluaran dan memilih cara yang pas agar sesuai budget.

Mau pake koper atau backpack ga masalah. Asal bisa bertanggung jawab sama barang bawaan, bukan malah ngerepotin orang lain. Seperti salah satu teman saya yang traveler juga, Aga, a fancy traveler with a style. Perjalanan travelingnya versi ga sengsara-sengsara amat. Tapi tetep yang dia lakukan adalah petualangan. Dari mulai bikin itinerary, cari info lokasi tujuan, nyoba kuliner setempat, dan lainnya. Selalu ada cerita menarik di balik perjalanannya.


Jadi sudah berapa kali kamu melakukan holiday, Bon? Sepertinya saya holiday hanya ketika pergi sama keluarga aja. Misalkan ketika jalan-jalan sama si Mama atau ikut Papa pulang kampung. Selebihnya? Ya berpetualang! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar