Minggu, 21 Desember 2014

The Bebebs Goes to Indochina : Sekilas Kuliner Kamboja

Khmer Specialities
Amok Set.
Fish Amok
 Amok, salah satu makanan khas Kamboja yang dimasak dengan kari dan santan. Tapi rasanya sungguh berbeda dengan rasa gulai kita. Cara memasaknya pun ditaruh di daun pisang kemudian di kukus. Sungguh pengalaman rasa yang menarik. Jadi, kalau ke Kamboja, kamu wajib banget nyobain Amok. Pilihannya ada ikan, ayam, babi juga ada sih. Tapi yang terkenal Fish Amok. Ini Amok yang sempat kami coba di Temple Balcony, Siem Reap dan Phnom Penh.
Berjalan-jalan di Phnom Penh pada malam hari kita akan banyak menemukan pedagang makanan kaki lima. Harganya ya harga kaki lima dong ya. Kebersihan? Hmm.. What do you expect from street food then? :p

Foto ama mamang2 yg jual. Berasa arteis eym..
Beef noodle. Kayak mie siram sapi gitu. yumm!


Semacam dadar pisang ya kak.. --"
Dipilih.. mau gorengan atau rebusan
Seger nih kak!
Nah, Karena makannya pinggiran mulu, kadang Prima suka rewel maunya makan yang bersih, makan KFC. Hemat dan rasanya jelas. Rasa ayamnya sih sama. Sambelnya enak deh. Manis pedes gitu. Saya sih doyan banget sama sambel disana.
Kya!! Ada mashed potatonya!
Paket ayam pake nasi dan telor. Hemat dan kenyuaang!
Sarapan dari penginapan di Siem Reap. Penambah energi!

Susu jangan lupa. Biar ga sakit!
Typical Spring roll. Rasanya gurih manis seger!
Nasi Babi masak nanas.
Mie goreng yaudahlah ya pesenan akoh.

Gelato!
Haus kak haus?
Beer khas Kamboja. Nyesel ga nyobain? Nyeseell...
Asia mungkin terkenal dengan makanan-makanan fear factor alias yang ga lazim. Di Indonesia kita bisa menyantap belalang, kelelawar, anjing dan lainnya. Di Kamboja ternyata saya menemukan makanan fear factor juga! Horaaay! Saya sih emang suka makan belalang goreng. Tapi seumur hidup belum pernah mencoba tarantula! Wih!! Berani coba? Berani dong...


Belalang vs tarantula!
Masalah rasa sih tergantung bumbu yang digunakan ya. Saya ga ada masalah dengan itu. Yang membedakan tiap-tiap serangga ini dari teksturnya aja. Tetap belalang jadi favorit saya. Tarantula? Hmmm... bulu halus tarantula menjadi sebuah sensasi tersendiri ketika menyentuh indera pengecap kita. Kamu berani coba?

Kecups,


Sonya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar