Jumat, 19 Desember 2014

Trip Resolusi : Nostalgia Rasa.

Kenapa nostalgia rasa?

Ketika masih bayi sampai kira-kira umur setahun, orang tua dan saya tinggal di Makassar. Mama bilang ketika masih kecil saya senang sekali dikasih makan coto makassar. Tapi saya tidak ingat. #Yaiyalah. Yang saya ingat justru ketika saya masih kelas 1-2 SD, hampir tiap bulan kami ke Bandung mengunjungi kakek nenek di Bandung dan hampir setiap kunjungan itu lah Mama dan Papa selalu mengajak saya makan di rumah makan kecil yang terletak di Pasteur. Makan coto makassar. Dulu rumah makan Makassar tidak sebanyak sekarang. Mungkin rumah makan itu juga sudah tidak ada sekarang.

1. Makassar
Sup Konro dan Konro Bakar Karebosi
 RM.Karebosi juga ada di Jakarta, tapi saya mencoba langsung di daerah aslinya. Ntah kenapa saya kirang suka dengan rasanya. Lebih enak yang di Jakarta menurut saya. Tapi balik lagi ini masalah selera. Papa punya tempat langganan Konro yang menurutnya lebih enak tapi sudah pindah, ga tau kemana. Ya belum rejeki aja ya sis.. :D

Mie Titi Jl.Irian

Mie Titi Jl.Irian salah satu yang terkenal di Makassar. Cara nyarinya? Pakai google maps! Tidak jauh dari Pantai Losari, akhirnya saya menemukan makanan yang berwujud seperti i fu mie ini. Perasaan ketika memakannya? PUAS!! You did it, Sonya!

Coto Makassar di Bandara Sultan Hasanuddin
 Karena terbatasnya waktu di Makassar, tidak banyak makanan yang saya coba. Bahkan coto Makassarnya. :( Coto Makassar yang terkenal namanya Coto Nusantara dan coto Gagak. Ga sempet nyobain semua. Tapi lumayan lah yg di bandara ini rasanya enak juga. :D
Jalang Kote' alias pastel ala Makassar. Sausnya enak!
2. Toraja
Mayoritas makanan khas di Toraja mengandung Babi, kalaupun ada yang nonbabi biasanya hanya pecel ayam saja. Yah..di Jawa juga banyak kan. Saya pun bilang sama Bang Edi, ingin mencoba makanan khas Toraja tapi yang ga mengandung Babi. Makan di warung pinggir jalan pun saya ga keberatan. Akhirnya di bawa lah saya ke sebuah warung nasi. Pilihan menunya tidak banyak. Tapi bentuknya asing, saya belum pernah lihat.
Ga tau namanya, tapi saya sampai nambah nasi makan pakai lauk ini. Enak!!
3. Tanjung Bira
Tidak ada masakan khusus di Tanjung Bira, ya sama aja seperti makanan Makassar pada umumnya. Berikut yang saya temukan selama perjalanan Tanjung Bira.
Sop Sodara

Ikan bolu. Sambelnya juara banget!!! enak!!
 Selama perjalanan bolak balik dari Makassar-Tanjung Bira, pak supir singgah di rumah makan yang sama. Sop sodara kuahnya seperti coto, isinya juga boleh daging atau jeroan sapi, ditambah bihun didalamnya. Dikucuri jeruk nipis serta sambal, rasanya MANTAP!! Ikan bolu ini ga tau sih jenis ikan apa. Rasanya segar banget, dicocol sambelnya, oh my... MANTAP untuk kedua kalinya!

 Selesai merenung ala-ala di pinggir pantai, hanya ada satu tukang jajanan yang ada di situ. Baso pentol. Anak-anak kecil jajan baso pentol ini. saya pun memesan ke abangnya. Basonya sih baso aci biasa, tapi kuahnya enak seperti kuah coto. saya suka banget. Ketika mau bayar, saya baru ingat dompetnya tertinggal di penginapan. haha Untung abang-abangnya baik mau nyamperin ke penginapan. ehehehe
Tolak angin ga termasuk paket ya! ;p
Penginapannya kan sudah termasuk sarapan. Sarapan kali ini banana pancake alias pisang gulung. Tolak angin merupakan salah satu alat wajib saya kalau traveling. :p

Yang saya ga sempat coba pas disana Coto Nusantara, Coto Gagak, Pallu basa Serigala, Nasi kuning riburane, Baso Ati Raja. Ada yang mau bawain saya itu semua ke Jakarta?

Kecups,


Sonya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar